Banyak sekali bisnis online yang sangat bergantung pada CMS WordPress, bahkan saya sendiri menggunakannya. Tapi apa sih yang menjadikan WordPress itu menjadi pilihan terbaik untuk bisnis teman-teman? Apa hayoo? Coba tebak?

Yap bener, jawabannya adalah plug-in. Plugin atau ekstensi yang membuat CMS ini sangat kuat dan populer. Ada sejumlah besar plugin yang tersedia untuk WordPress, tetapi hanya ada beberapa aplikasi hebat yang dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan pengguna di bidangnya sendiri dan meningkatkan fungsionalitas dari website itu sendiri. Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa plugin WordPress terbaik yang saya rekomendasi kan untuk diinstal terutapa untuk teman-teman yang menggunakan WordPress sebagai pilihan bisnis online teman-teman.

Yoast SEO

SEO merupakan pondasi dari sebuah website, dan tidak ada plugin yang melakukannya lebih baik daripada SEO Yoast. Plugin ini tidak mengharuskan teman-teman untuk menjadi ahli atau konsultan SEO, dan ini akan mengurangi ketergantungan teman-teman untuk penyewaan atau membeli jasa SEO.

Plugin ini dapat membuat Peta Situs dan memungkinkan teman-teman untuk mengelolanya. Plugin ini juga dapat menganalisis struktur tautan internal dan eksternal ke halaman dan posting situs web, memeriksa kepadatan kata kunci, mengukur keterbacaan halaman dan artikel, dan juga dapat mengidentifikasi meta tag situs dan meningkatkan masing-masing pada masalah tersebut. Menawarkan bantuan dan fitur manajemen kepada penggunanya. Selain itu plugin ini secara otomatis mendeteksi pengalihan halaman web dan secara otomatis menambahkan perintah pengalihan ke halaman yang diperlukan.

Ada versi gratis dari aplikasi ini, walaupun bagus tetapi memiliki sejumlah fitur yang relatif terbatas. Untuk dapat mengambil keuntungan penuh dari aplikasi ini, saya sangat menyarankan teman-teman mengunduh versi terbaru dan original dari plugin ini kemudian menginstalnya di website WordPress temana-teman.

Akismet Anti-Spam

Setiap orang pasti akan mengalami masalah dengan spam terutama pada komentar website. Jika teman-teman tidak terbiasa dengan spam, itu tandanya bahwa teman-teman adalah seorang pemula.

Plugin ini memeriksa setiap komentar yang diposting di website teman-teman untuk mengetahui adanya robot dan mendeteksinya sebagai spam, plugin ini juga dapat menghapusnya secara permanen tergantung pada pengaturan yang telah teman-teman tetapkan. Perlu diingat, bahwa jika teman-teman tidak memilih pengaturan untuk menghapusnya secara permanen, maka database website teman-teman mungkin akan penuh dengan komentar spam yang menunggu untuk ditinjau dan itu dapat mengganggu performa website teman-teman. Jadi cobalah opsi penghapusan secara permanen, atau periksa komentar spam yang menunggu untuk tinjau dan tinjau secara manual untuk menghapusnya secara permanen.

Penggunaan ekstensi ini gratis untuk website yang non-komersial, tetapi untuk penggunaan komersial diharus untuk membeli kode aktivasinya.

Ekstensi ini sangat penting untuk website yang memiliki banyak pengunjung dan mendapatkan banyak komentar dari pengunjung setiap harinya. Ingat, plugin ini kadang-kadang dapat disalahartikan sebagai spam, tetapi juga dapat membantu mengelola komentar dari pengunjung website itu sendiri.

W3 Total Cache

Salah satu masalah umum yang terjadi di antara webmaster dan pemilik situs web adalah bahwa setelah beberapa saat website biasanya akan mengalami down dan sumber daya akan menjadi terbatas. Alasannya sangat jelas. Ketika banyak pengguna (biasanya lebih dari 1000 atau bahkan 2000 orang) yang mengakses website, jumlah permintaan yang dikirim ke server juga pasti akan meningkat, kemudian menghasilkan kendala pada sumber daya perangkat keras seperti hard drive, RAM, prosesor, dan lainnya.

Solusi terbaik untuk ini adalah dengan menggunakan dengan cache. Caching beberapa bagian dari website, seperti konten, gambar, dll. Itu akan disimpan sebagai bagian dari browser dan cache sistem pengguna setelah pertama kali mengakses website, dan konten selanjutnya dipanggil nanti. Dan jika ada permintaan yang sama (duplikat) itu tidak akan dikirim ke server.

Plugin ini sangat populer di WordPress, kompatibel dengan berbagai jenis host dan server. Berhati-hatilah karena plug-in ini dapat mengganggu plug-in lainnya atau menyebabkan masalah dengan website teman-teman jika teman-teman melakukan pengaturan yang salah. Jadi cobalah untuk membuat cadangan penuh dari website sebelum menginstal dan hindari membuat pengaturan yang tidak dapat teman-teman kontrol.

Smush Image Compression and Optimization

Gambar masih merupakan salah satu bagian terpenting dari web dan aplikasi web. Seperti yang teman-teman ketahui, jumlah informasi yang dapat diterima browser setiap permintaan akan dikirim ke server, dan ini sebenarnya merujuk pada parameter transfer data di server. Artinya gambar yang volume atau ukurannya besar akan mengganggu bandwidth dan membuat kecepatan pemuatan website menjadi semakin lama. Ini dapat terjadi ketika website tersebut tidak dioptimasi dengan baik dan pengguna tidak memiliki kecepatan internet dan bandwidth yang tinggi.

Ada dua cara untuk mengatasi masalah yang terkait dengan ukuran atau volume gambar yang tinggi di website teman-teman. Salah satunya adalah menggunakan perangkat lunak seperti Photoshop untuk mengurangi ukuran dan resolusi gambar. Kedua, dengan menambahkan ekstensi atau plugin Smush pada website teman-teman.

Saya sangat menyarankan teman-teman untuk menggunakan opsi ke-2 yaitu dengan memasang plugin Image Optimization ini.

a3 Lazy Load

Di bagian ini, saya akan memperkenalkan solusi alternatif untuk mengatasi masalah ukuran file gambar di website teman-teman. Misalkan teman-teman memiliki halaman panjang di website dengan banyak gambar. Biasanya, semua gambar akan dimuat secara bersamaan setelah pengguna membuka halaman. Ini berarti lebih banyak penggunaan bandwidth dan membuat kecepatan pemuatan menjadi lebih lambat, bahkan website akan mengalami peningkatan lalu lintas dari pengguna dan banyak lagi.

Solusinya untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan mengatur setiap gambar yang hanya dapat dimuat ketika pengguna membutuhkannya.

Teman-teman bisa memanfaatkan plugin Lazy Load, plugin ini akan memuat gambar saat diperlukan saja. Saya sarankan untuk menggunakan plugin a3 Lazy Load. Plugin ini adalah salah satu plugin WordPress terbaik dan tidak hanya pada gambar tetapi juga pada video disetiap halaman website teman-teman. Jadi teman-teman tidak perlu lagi khawatir dengan banyaknya gambar yang digunakan di setiap halaman website teman-teman.

StackPath

Pernahkah teman-teman memperhatikan seberapa cepat website-website populer seperti YouTube, Netflix, dll, yang menghasilkan banyak sekali konten setiap harinya? Salah satu alasannya adalah penggunaan CDN, atau biasa disebut jaringan distribusi konten yang sama. Seperti namanya CDN adalah jaringan distribusi konten yang memungkinkan konten setiap website untuk dikirim ke pengguna dari lokasi geografis terdekat. Sederhananya adalah salinan website yang di-cache kemudian disimpan di CDN sehingga ketika memuat website, maka versi yang akan didapatkan adalah website yang terletak paling dekat dengan server (secara geografis).

Layanan ini dapat berdampak signifikan pada kecepatan pemuatan website, terutama website yang aktif secara internasional dan memiliki pengguna di seluruh dunia. Tetapi ketika sebuah website hanya beroperasi di negara tertentu dan semua penggunanya hanya berada di negara yang sama, menggunakan layanan ini hanya akan menambah biaya tambahan untuk mengelola website tersebut.

Tapi teman-teman tidak perlu khawatir, karena layanan ini juga dapat diaktifkan secara gratis, tapi jika target pasar teman-teman di negara yang sama saya tidak menyarankan untuk menggunakan layanan ini. Karena CDN gratis biasanya mencakup server yang ramai dan lambat, bahkan ini dapat merusak website dan kecepatan muat website.

Namun, jika teman-teman memutuskan untuk tetap ingin mengaktifkan CDN untuk website teman-teman, saya sarankan menggunakan plugin StackPath. Plugin ini memiliki paket gratis dan berbayar yang dapat teman-teman gunakan. Dan juga pengaturan yang lebih banyak dari plugin manajemen CDN pada umumnya. Jadi dengan menginstal dan mengaktifkan plugin ini untuk website teman-teman dapat mengakses berbagai pengaturan dan opsi untuk mengelolanya.

Wordfence

Secara umum, bahasa pemrograman PHP tidak terlalu aman. Ini berarti teman-teman tidak dapat mengandalkan keamanan website secara maksimal! Seperti yang teman-teman ketahui, WordPress juga merupakan CMS berbasis PHP. Popularitas dari script juga membuat para peretas lebih fokus dan tertarget daripada sistem lain.

Untungnya, versi PHP yang lebih baru telah memperbaiki masalah keamanan, dan WordPress adalah salah satu pengguna yang tetap mendapatkan informasi PHP versi terbaru.

Pengguna WordPress biasanya bukan seorang yang terampil dalam pemrograman dan kebanyakan hanya pembuat atau penulis konten, bahkan mungkin tidak tahu banyak tentang kode dan pemrograman. Itu berarti teman-teman telah membuat keamanan dari website WordPress menjadi mimpi buruk tetapi teman-teman tidak perlu khawatir dengan plugin Wordfence mimpi buruk teman-teman akan berubah menjadi mimpi yang sangat indah.

Meskipun tidak ada statistik yang valid untuk mendukung statement saya, plugin ini sudah banyak digunakan di lebih dari 95% website WordPress. Tidak perlu dikatakan, saya juga memiliki pengalaman yang sangat baik ketika menggunakan plugin ini. Plugin ini memiliki lebih dari 2 juta instalasi WordPress aktif, terbukti sangat populer. Bahkan plugin ini juga dapat secara signifikan meningkatkan keamanan WordPress dan itu bisa teman-teman dapatkan secara gratis, dan teman-teman bisa mendapatkan lebih banyak fitur untuk versi berbayarnya.

Broken Link Checker

Nama plugin ini saja sudah cukup untuk mengetahui apa yang dilakukannya. Tautan rusak? Siapa yang peduli tentang tautan rusak? Bodo amat njing, hahaha. Setelah beberapa konten menjadi usang, beberapa tautan mungkin tidak lagi berfungsi. Ini berarti halaman tujuannya mungkin hilang atau foto dan filenya tidak berfungsi lagi.

Untuk memperbaiki masalah ini, solusinya adalah meninjau konten beberapa kali dan memperbaiki tautan tersebut. Tetapi apakah ini mungkin untuk website yang menghasilkan banyak konten per harinya? Jika teman-teman sanggup untuk melakukannya satu persatu mungkin tidak masalah.

Tapi untungnya, teman-teman tidak perlu melakukan hal bodoh seperti itu. Dengan plugin Broken Link Checker teman-teman bisa melakukan hal yang sama secara otomatis. Plugin ini memeriksa dan melaporkan tidak hanya tautan yang terputus atau rusak tetapi juga gambar yang tidak berfungsi.

Ada juga banyak pengaturan dan opsi untuk mengkonfigurasi plugin ini. Misalnya, teman-teman dapat mengatur pemecahan masalah dengan plugin untuk mengirimnya melalui email. Ini bisa sangat membantu bagi orang yang mengelola banyak website sekaligus.

MailChimp

Jika bisnis teman-teman mengandalkan pemasaran email, plugin ini akan sangat penting untuk bisnis teman-teman! Menyiapkan kampanye email dan mengirimkan buletin kepada pengguna dan pelanggan dari bisnis teman-teman. Untuk memulai, cukup instal plugin ini dan buat akun. Teman-teman sekarang dapat menempelkan kode ke bagian yang diinginkan dari website dan mulai mengumpulkan langganan email untuk audiens bisnis yang teman-teman miliki.

Untungnya, plugin ini sangat kompatibel dengan semua bentuk format dan teman-teman dapat mengintegrasikannya dengan formulir favorit teman-teman, maka plugin ini akan secara otomatis mengumpulkan email pengguna. Bukan cuma email plugin ini juga dapat mengunpulkan banyak formulir seperti kontak, alamat dan banyak lagi. Jadi, tidak ada batasan untuk penggunaan formulir dan plugin ini juga dapat membuat formulir khusus dan indah.

WooCommerce

WooCommerce adalah salah satu plugin WordPress yang paling penting dan terbaik untuk bisnis online dan hampir semua dari teman-teman bahkan pernah mendengar tentang Woocommerce, sebuah plugin yang selengkap dan berfungsi seperti script dan CMS. Dengan bantuan plugin ini, teman-teman dapat menjadikan website teman-teman menjadi toko online dengan fitur yang sangat lengkap dan teman-teman bisa menjual produk yang teman-teman miliki di sana. Untuk menggunakan plugin ini akan memakan waktu sekitar 10 menit untuk melakukan konfigurasi seperti mata uang, metode pembayaran, dll.

Meskipun ada banyak sekali plugin untuk membuat toko virtual, tapi tidak ada yang sepopuler, selengkap, dan secanggih WooCommerce. Banyak library, file, dan informasi untuk memperluas plugin ini dan tersedia di berbagai situs web. Jika teman-teman perlu mengubah bagian dari website teman-teman menjadi toko atau toko online dengan fitur startup menggunakan plugin ini akan menjadi solusi yang sangat bagus.

Catatan Kecil

Sebelum saya menyelesaikan artikel yang berjudul “Plugin WordPress Terbaik Untuk Bisnis Online“, saya akan mengatakan bahwa daftar ini sama sekali bukan daftar lengkap plugin WordPress yang dikhususkan untuk bisnis online teman-teman, tetapi salah satu plugin yang dapat digunakan sebagai pilihan dengan penuh perhitungan dan hati-hati.. Plugin ini adalah salah satu plugin yang paling populer dan dapat memenuhi banyak kebutuhan terutama untuk WordPress yang teman-teman gunakan sebagai pilihan bisnis online.

Terakhir, saya mengajak teman-teman untuk berbagi pemikiran dan pengalaman yang teman-teman miliki tentang plugin WordPress yang cocok, praktis dan terbaik untuk digunakan pada website bisnis online. Saya tunggu komentarnya teman-teman.

5/5 (1 Review)