Bagaimana Cara Kerja Propagasi Domain

Ketika teman-teman menemukan nama/alamat yang sempurna untuk sebuah situs web, kemudian teman-teman mendaftarkan domain dan me-launching situs tersebut, kemudian dengan semangat teman-teman memeriksa URL yang sudah teman-teman daftarkan… dan boomb! ternyata website tersebut tidak ada di alamat tersebut. Dan itulah yang disebut propagasi domain.

Propagasi domain, proses mentransfer domain ke pemilik baru, dan itu membutuhkan beberapa waktu. Teman-teman harus menunggu sekitar 24 hingga 48 jam sebelum peralihan sepenuhnya dilakukan, kemudian barulah situs web bisa mulai muncul di domain baru. Ini merupakan sebuah setback kecil, tetapi semua itu bekerja karena ada suatu alasan tertentu.

Apa itu Propagasi Domain?

Propagasi Domain, kadang-kadang disebut juga propagasi DNS, adalah proses memperbarui setiap server di seluruh web dengan informasi yang terbaru. karena banyaknya server yang memerlukan pembaruan maka ada jeda diantara perubahan-perubahan yang dilakukan pada semua server yang telah terdaftar.

Bagaimana Server DNS Bekerja

DNS Server melakukan pekerjaan menerjemahkan alamat IP menjadi nama domain. Seperti yang teman-teman ketahui, situs web terletak pada sebuah nama domain yang mudah diingat seperti laluzulfakar.com, namun sebenarnya itu terletak pada alamat IP yang sulit untuk diingat atau yang terlihat seperti 192.168 .1.05.

Setiap teman-teman mengunjungi situs web, server DNS akan mengambil nama domain yang teman-teman ketikkan dan memproses alamat IP yang dimilikinya kemudian mengirimkannya kembali ke user yang melakukan request.

Ini adalah proses yang bekerja sangat cepat, berarti teman-teman tidak perlu memperhatikan atau memikirkan apa pun tentang hal tersebut. Akan tetapi, yang perlu dipikirkan adalah ketika teman-teman akan melakukan perubahan DNS.

Apa Yang Terjadi Selama Perubahan DNS?

Ketika teman-teman pindah ke penyedia hosting baru atau mengubah nama domain yang teman-teman miliki, setiap server DNS di dunia harus mendaftarkan informasi itu sebelum mereka tahu bagaimana cara menerjemahkan nama domain tersebut dengan benar ke alamat IP yang benar. Hal inilah yang rumit, server yang berbeda akan menerima informasi yang diperbarui pada waktu yang berbeda, sehingga memungkin bagi teman-teman saat mencoba mengakses nama domain dan melihat situs web baru di tempat yang tepat (hosting baru), sementara jika orang lain di tempat yang berbeda masih melihat informasi yang lama dan tidak up to date (hosting yang lama).

Itu karena perubahan DNS relatif jarang terjadi, sebagian besar server DNS menyimpan informasi yang telah mereka kumpulkan dalam pencarian sebelumnya. Jadi jika seseorang mencari situs web yang teman-teman miliki minggu lalu dan server DNS dapat menerjemahkan domain ke alamat IP tertentu, maka itu akan mengarahkannya ke IP yang sama lagi pada awalnya. Tetapi pada akhirnya – dan bahkan tidak butuh waktu lama – ia akan belajar bahwa perubahan telah dibuat dan sekarang harus mengirim orang mencari nama domain itu ke alamat IP baru di mana situs web tersebut disimpan.

Ini bisa membingungkan, tapi ini masalah sementara. Sedikit demi sedikit atau selama beberapa hari ke depan, teman-teman tidak perlu khawatir karena semua server DNS akan mendapatkan pemberitahuan dalam setiap pembaruannya.

Catatan Kecil

Meskipun ini masalah yang berbeda, perlu juga diperhatikan bahwa browser akan sering menyimpan informasi yang mereka peroleh dari situs web tertentu, sehingga setelah server DNS diperbarui, pengguna mungkin masih perlu memuat ulang (reload/refresh) halaman atau menghapus cache browser untuk melihat situs web yang benar dan up to date.

Bagaimana Cara Mengetahui Ketika Propagasi Domain Sudah Selesai?

Ini rumit karena, seperti yang disebutkan sebelumnya, server DNS teman-teman dapat mendaftarkan pembaruan sebelum orang lain melakukannya. Jadi teman-teman tidak dapat berasumsi begitu teman-teman mulai melihat situs web di domain baru, semua orang juga akan mendapatkannya seperti itu.

Teman-teman bisa mendapatkan ide yang cukup bagus tentang kapan propagasi domain selesai dengan menggunakan alat untuk memeriksa situs web dari berbagai lokasi di seluruh dunia. Tapi hasilnya tidak akan memberikan jaminan bahwa setiap pengguna web di dunia akan melihat versi yang diperbarui, tetapi ini dapat membantu teman-teman untuk mengonfirmasi kapan perubahan telah diselesaikan untuk kebanyakan orang lainnya.

Ini adalah momen yang menjengkelkan ketika teman-teman membuat situs web atau nama domain baru dan harus menunggu, tetapi teman-teman harus tetap bersabar, dan tahu situs web akan tetap online di seluruh dunia dalam beberapa hari.