Virtual Machine mendukung beberapa tipe jaringan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman. Terdapat beberapa tipe jaringan atau network adapter didalam virtual machine, yaitu NAT, Bridged adapter, Internal network, dan host only serta generic driver. Ada perbedaan diantara kelima tipe jaringan tersebut, antara lain:

Network Address Translation (NAT)

Prinsip kerja NAT yakni OS virtual atau guest akan memiliki alamat IP yang sama dengan host. Apabila host terhubung dengan internet maka guest akan terhubung pula secara otomatis. Dan NAT yang terdapat didalam virtual machine sama dengan NAT pada jaringan fisik.

Bridged Adapter

Prinsip kerja Bridge Adapter yakni guest terhubung ke jaringan fisik dari host. Jadi, guest seakan muncul sebagai komputer fisik di jaringan yang terhubung dengan host. Dan guest akan terlihat di jaringan luar sama seperti host. Dalam mode bridge adapter, virtual machine terhubung secara langsung ke jaringan yang sama dengan jaringan milik host machine. Apabila terdapat lebih dari satu Ethernet di host, maka teman-teman harus memilih ke jaringan yang mana virtual machine tidak disambungkan. Alamat ip yang teman-teman berikan ke virtual machine haruslah dari subnet yang sama dengan jaringan dimana host machine tersambung. Mode ini sangat cocok untuk membuat emulasi jaringan atau menjalankan server di dalam virtual machine. Tipe ini memungkinkan teman-teman untuk membuat beberapa virtual machine yang saling berhubungan secara internal.

Internal Network

Internal network di dalam virtual machine berperan dalam menghubungkan jaringan yang ada antar guest. Ini serupa dengan bridged network dalam hal komputer dapat berkomunikasi langsung dengan dunia luar. Namun demikian “dunia luar” di sini terbatas pada komputer guest lain yang terhubung pada jaringan internal yang sama.

Host-Only

Host-only hanya untuk hubungan jaringan guest dengan host NAT yang mana merupakan tipe network default dari virtual machine itu sendiri. Artinya apabila teman-teman tidak memilih tipe jaringan yang lain, maka virtual machine secara otomatis akan menggunakan mode NAT. Dalam mode ini virtual machine yang telah teman-teman install ke dalam virtual machine dapat terhubung dengan internet sehingga teman-teman dapat browsing, menerima email, mengunduh file, atau chatting dari dalam system operasi guest. Virtual ini juga dapat menghubungi host tetapi tidak sebaliknya. Untuk mengakses layanan yang ada dalam