Informasi: 10 Free Game Engines – Buat Game Tanpa Coding

Game Engines

Yang manakah Game Engines 2D dan 3D terbaik? Teman-teman mungkin pernah mendengar pertanyaan itu berulang-ulang tetapi tidak pernah tahu apa sih sebenarnya “Game Engines” itu sendiri. Singkatnya, game engines adalah arsitektur yang digunakan pengembang untuk mengembangkan dan menjalankan game, dimana komponen yang digunakan pengembang dapat digunakan kembali untuk membangun kerangka game engines. Ini memberikan manfaat khususnya para pengembang menjadi lebih banyak waktu untuk tetap fokus pada elemen-elemen unik seperti model karakter, tekstur, bagaimana objek berinteraksi satu sama lain, dll.

Jika teman-teman mencari game engines yang benar-benar bagus dan kaya akan fitur namun gratis, berikut ini adalah 10 daftar game engines gratis teratas tanpa coding.

Unity

Unity adalah alat pengembangan game multi-platform, yang dirancang dari awal hingga akhir untuk memudahkan pembuatan sebuah game. Aplikasi profesional yang terintegrasi secara penuh, Unity menawarkan Personal Edition gratis dengan semua fitur, langganan Plus seharga $25 sebulan dan langganan Pro seharga $125 sebulan dengan layanan tambahan seperti pembangunan Cloud.

  • Editor All-in-one: Tersedia di Windows, Mac, dan Linux.
  • 2D & 3D: Unity mendukung pengembangan 2D dan 3D dengan fitur dan fungsionalitas untuk kebutuhan spesifik lintas genre.
  • Physics Engines: Manfaatkan Box2D, DOTS-based Physics system dan dukungan NVIDIA PhysX untuk gameplay yang sangat realistis dengan kinerja tinggi.
  • Support 25+ Platform: Seluler, desktop, console, iOS, Android, TV, VR, AR, dan Web.

Godot Engine

Godot menyediakan seperangkat alat yang sangat besar, sehingga teman-teman bisa fokus membuat game. Godot sepenuhnya gratis dan open-source di bawah lisensi MIT.

Tidak ada ikatan dan royalti. Game Anda adalah milik Anda, hingga baris kode mesin terakhir. Godot hadir dengan ratusan node bawaan yang membuat desain game menjadi mudah. Bekerja pada sistem operasi Windows, OS X, Linux, FreeBSD, dan OpenBSD. Editor support 32-bit dan 64-bit, di semua platform.

  • Flexible scene system.
  • Jalur pembuatan konten yang ramah untuk artis, desainer, animator, dan semua yang terlibat.
  • Support perangkat seluler.

CryEngine

CRYENGINE memiliki tujuan yang sederhana: untuk menciptakan game engines paling kuat di industri dan untuk memberikan kekuatan untuk menciptakan pengalaman gaming kelas dunia, terlepas dari anggaran atau ukuran tim mereka.

CRYENGINE memiliki kode sumber yang lengkap. Tutorial yang jelas, dokumentasi terperinci, dan komunitas pengembangan yang luas. Marketplace memberi beragam aset yang siap digunakan dalam proyek teman-teman.

  • Sandbox & Tools.
  • Karakter & Animasi paling realistis.
  • Support semua platform.
  • Kinerja dengan visualisasi real-time dan interaksi dengan CryEngine

Xenko Game Engine

Xenko adalah sebuah game engines dengan C# dan bersifat open-source yang dirancang untuk masa depan sebuah game. Muncul dengan toolchain lengkap dan baik terutama cocok untuk membuat game yang realistis.

Xenko dilengkapi dengan toolchain yang memungkinkan teman-teman untuk secara intuitif dan efisien membuat, mengelola dan memodifikasi semua aset dari permainan. Suite editor menyederhanakan dan mengotomatisasi alur kerja pembangunan game.

Xenko Game Studio juga telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat diperpanjang dengan mudah. Sebuah sistem plug-in untuk membantu pengguna memperpanjang Game Studio akan datang segera!

Duality

Dualitas adalah game engines 2D modular yang menyediakan visual editor sendiri. Ini sangat extensible, seluruhnya ditulis dalam C# dan didukung oleh OpenGL.

WaveEngine

Wave Engine adalah mesin grafis pertama yang berfokus pada industri 4.0, data besar dan skenario bisnis berkelanjutan memberi teman-teman cara yang efisien untuk membuat keputusan yang lebih baik dengan melihat gambaran besar di balik angka-angka.

Wave Engine membantu teman-teman untuk mengelola aset permainan dengan menggunakan editor permainan terintegrasi dengan layanan tambahan, seperti analytics permainan pengguna, iklan dalam game online, pembelian dalam aplikasi, pemberitahuan game, integrasi dengan jaringan sosial. Wave Engine adalah engine game modern berbasis C# yang memungkinkan untuk membuat game dan aplikasi lintas platform untuk banyak platform.

Banshee 3D

Banshee 3D dibangun dengan C++ dan mendukung script C# dengan API tingkat tinggi yang lengkap. Mendukung format file paling umum dan dilengkapi dengan editor yang kuat namun mudah digunakan. Grafis yang tinggi menggunakan physically based renderer dengan dukungan HDR dan gamma correct rendering, berjalan pada DirectX, OpenGL atau Vulkan. Optimized core dengan dukungan untuk rendering multi-threaded, animasi, audio dengan kinerja terbaik.

MonoGame

Satu kerangka kerja untuk membuat game lintas platform. MonoGame adalah framework game open source .NET. Bertujuan untuk memungkinkan pengembang XNA di Xbox 360, Windows dan Windows Phone untuk memport game mereka ke platform iOS, Raspberry PI, dan PlayStation 4.

  • Managed Code. Dengan memanfaatkan C# dan bahasa .NET lainnya di platform Microsoft dan Mono dapat digunakan untuk menulis kode game yang modern, cepat, dan andal.
  • Cross-Platform.

Unreal Engine

Unreal Engine adalah seperangkat alat dan teknologi profesional yang digunakan untuk membangun game berkualitas tinggi di berbagai platform. Arsitektur rendering Unreal Engine memungkinkan pengembang untuk mencapai visual yang memukau dan juga skala elegan ke sistem kelas bawah.

Fitur alur kerja baru yang revolusioner dan rangkaian perangkat yang mendalam memberdayakan pengembang untuk dengan cepat beralih pada gagasan dan melihat hasil secara realtime atau langsung.

GDevelop

GDevelop adalah game engines lintas-platform yang dirancang untuk digunakan oleh semua orang tanpa memerlukan keterampilan pemrograman atau keahlian coding.

Dengan GDevelop, teman-teman dapat membuat proyek sederhana untuk bersenang-senang atau membuat game-game ber genre: platformer, puzzle, tembak-tembakan, strategi, game 8-bit, dll

  • Ekspor ke Android (APK file).
  • Ekspor ke Facebook Instant Games, untuk bermain di Messenger.
  • Ekspor game ke web.
  • Ekspor game ke iOS (dengan PhoneGap Build atau Cordova)
  • Ekspor sebagai game yang dapat dieksekusi yang berdiri sendiri untuk Windows, macOS dan Linux.
  • Support AdMob.
5/5 (1 Review)
"Lalu Zulfakar Hidayat : Hi, Perkenalkan nama ku Lalu Zulfakar. Seorang Back-End Developer, Desainer Grafis, Blogger dan Hacking & Cyber Security Enthusiast.."