Website: Apa itu Domain Name dan Web Hosting?

Jika teman-teman berencana untuk launching situs web sendiri, teman-teman akan memerlukan yang namanya domain name dan web hosting (hosting) untuk membuatnya.

Pada umum masih banyak yang bingung membedakan antara domain dan hosting, bahkan ada beberapa yang tidak dapat membedakan di antara 2 hal tersebut. Jadi, untuk memulai membuat sebuah website penting bagi teman-teman untuk mengetahui perbedaan antara domain dan hosting.

Sebelum saya memberitahukan teman-teman perbedaan di antara domain dan hosting, mari kita lihat sedikit gambaran umum tantang domain dan hosting beserta contohnya.

Jika di ibaratkan, domain adalah alamat dari situs web. Maka web hosting adalah rumahnya.

Jadi, untuk membuat situs web. Teman-teman memerlukan domain name dan web hosting.

Catatan Kecil

Perlu diingat bahwa domain dan hosting adalah dua layanan yang terpisah. Dan teman-teman dapat membeli/menyewa nya dari dua perusahaan yang berbeda.

Misal: Membeli domain dari perusahaan A dan menyewa hosting di perusahaan B

Apa itu Domain (Domain Name)?

Pada dasarnya orang-orang yang sedang melalukan surfing web atau menjelajahi website. Mereka melakukannya dengan cara mengetik kan sesuatu yang disebut domain. Mereka mengetik di bagian alamat browser web yang mereka gunakan di PC.

Selain itu, domain adalah alamat situs yang diketik pengguna di browser untuk mengunjungi situs web tersebut. Domain merupakan serangkaian karakter (baik huruf maupun angka) yang memberikan identitas unik pada suatu situs web. Atau teman-teman dapat mengumpamakannya, jika situs web tersebut adalah rumah maka domain name adalah alamat rumahnya.

Dengan kata lain, domain terhubung ke alamat IP (Internet Protocol) tertentu dari server tempat halaman web tersebut dihosting.

Contoh

laluzulfakar.com
google.com
facebook.com

Struktur Domain

Berikut ini ilustrasi dari struktur domain.

Apa itu Web Hosting?

Web hosting adalah tempat di mana semua file sebuah situs berada. Hosting web mengacu pada layanan yang menyimpan data sebuah situs web di server web. Ini juga memungkinkan teman-teman untuk mengelola data-data tersebut. Semua situs web di internet memerlukan hosting web.

Ketika pengguna mengetik nama domain dari situs web di browser, kemudian nama domain tersebut diterjemahkan ke dalam IP address perusahaan hosting web yang digunakan. lalu mengirimkan file tersebut kembali ke browser pengguna.

Jenis-jenis Web Hosting

  • Shared web hosting
  • Cloud hosting
  • Website builder
  • Dedicated server
"Lalu Zulfakar Hidayat : Hi, Perkenalkan nama ku Lalu Zulfakar. Seorang Back-End Developer, Desainer Grafis, Blogger dan Hacking & Cyber Security Enthusiast.."

View Comments (3)

  • BANG,,TERIMA KASIH BUAT INFONYA,,UNTUK PENYEDIA DOMIAN YANG MURAH REKOMENDASI ABANG DIMANA YAH,,SAYA BLGGER PEMULA YANG MASIH MENGGUNAKAN BLOGPOT

  • Informasinya simple banget dibantu dengan ilustrasi yang sukup memberikan informasi bagi newbie, Ditunggu update informasi selanjutnya ya