Untuk teman-teman yang ingin memulai tutorial Android pada channel YouTube teman-teman atau hanya mengambil screen-casts dari perangkat Android teman-teman? Teman-teman tidak perlu menggunakan kamera atau komputer eksternal, teman-teman dapat dengan mudah merekam layar perangkat secara langsung, berikut ini beberapa aplikasi yang dapat merekam aktivitas di smartphone kesayangan teman-teman.

Google Play Games

szHQCpMAb0MikYIhvNG1MlruXFUggd6DJHXkMPG1H4lJPB7Lee BkODfwxpQazxfO9mA=s180 rw - Informasi: Kumpulan Aplikasi Screen-Recording Terbaik untuk Android - 1

Harga: Gratis

Jika teman-teman tidak ingin menggunakan atau mengunduh aplikasi pihak ketiga, dan terutama jika teman-teman hanya ingin merekam hal-hal seperti permainan, maka teman-teman bisa menggunakan aplikasi Play Game resmi di perangkat Android.

Cukup buka aplikasi Play Game, buka halaman info game, lalu pilih ikon Record di bagian atas layar. Teman-teman akan mendapatkan opsi untuk merekam dalam kualitas 480p dan 720p.

Untuk menggunakan fitur ini dalam merekam hal-hal yang non-game seperti tutorial, dll. Teman-teman bisa ikuti langkah-langkah di atas, lalu keluar dari game saat game terbuka. Cukup sederhana kan.

Download

Download melalui Play Store

MNML Screen Recorder

e1P1Hzm5npRVXcYxEO5JXY9yyrmmK2TxkRu2sfaNF69DaBCL2Z2QZJr 1idHTBqJKXE=s180 rw - Informasi: Kumpulan Aplikasi Screen-Recording Terbaik untuk Android - 2

Harga: Gratis

Aplikasi ini bebas dari semua iklan dan pembayaran khusus, serta gangguan lain yang merusak aplikasi tertentu di Play Store, MNML Screen Recorder adalah perekam layar open-source yang berfokus pada kemudahan penggunaan di atas segalanya (namanya adalah ‘minimal’).

Meskipun belum pada versi 1.0, rasanya sudah sangat hebat untuk digunakan, aplikasi ini bisa merekam hingga 60fps dengan bit rate hingga 24 Mbps. Pada titik ini, resolusi dibatasi hingga 1080p tetapi developer bekerja keras untuk menaikkan batas ini, dengan alasan bahwa Android telah membuat canggung untuk meningkatkan frame rate perekaman.

Anda dapat mengunduh aplikasi dari Play Store atau dari Github.

Download

Download melalui Play Store Download via GitHub

ScreenCam Screen Recorder

L8fQ9i VK3 pbR8ULsIleFn2KGir1PGqdLyTo0FAwwEdnsxllR9Bdh cA3t7s 8NYA=s180 rw - Informasi: Kumpulan Aplikasi Screen-Recording Terbaik untuk Android - 3

Harga: Gratis

Ada banyak sekali aplikasi yang ringan dan gratis yang tidak menampilkan iklan kepada penggunanya, dan memungkinkan teman-teman melakukan persis seperti namanya. ScreenCam mungkin tidak memiliki banyak pilihan seperti perekam layar Android lainnya dalam daftar kumpulan aplikasi ini, tetapi lebih dari sekadar hal-hal yang penting, memungkinkan teman-teman mengubah bitrate video, resolusi perekaman dan framerate yang ingin teman-teman gunakan (bahkan hingga 60fps).

Aplikasi ini juga sering melakukan pembaruan rutin, jadi aplikasi ini juga sudah dapat melakukan penambahan widget mengambang yang memungkinkan teman-teman dengan cepat mengontrol rekaman dari layar. Salah satu kekurangan pada aplikasi ini adalah kurangnya mode Picture-in-picture, sehingga teman-teman tidak dapat merekam diri atau mengaktifkan kamera depan bersamaan saat merekam layar.

Download

Download melalui Play Store

RecMe Free Screen Recorder

dIEkqlSIbxfzFanFhc2E zYOxOUGyokGUwJKzvHpAN7 ooH2omqOlw72AsQMUKqPwg=s180 rw - Informasi: Kumpulan Aplikasi Screen-Recording Terbaik untuk Android - 4

Harga: Gratis

RecMe adalah salah satu dari beberapa aplikasi yang dapat melakukan perekaman layar, ketika digunakan pada perangkat yang di-rooting, aplikasi ini dapat merekam audio internal maupun video. Jika perangkat teman-teman tidak di-root, maka teman-teman tidak dapat memanfaatkan fitur audio internal, tetapi teman-teman masih memiliki banyak hal untuk dimainkan di bagian depan perekaman layar, termasuk kualitas video hingga 60fps 1080p, overlay kamera depan / belakang (untuk Pengguna pro), dan rekaman mikrofon.

UI/UX yang baik dan ramah. Desain pembuatannya terlihat seperti profesional bisa menjadi aplikasi rekaman layar resmi yang terintegrasi ke dalam ponsel teman-teman.

Download

Download melalui Play Store

Mobizen Screen Recorder

xCHTzzVqkTPQr0hnnAWWIw2yJRG7tz4dEv rttJiU1m43doSd6sDQYWV8MBhginGeHaW=s180 rw - Informasi: Kumpulan Aplikasi Screen-Recording Terbaik untuk Android - 5

Harga: Gratis

Mobizen memang pantas menjadi salah satu aplikasi perekaman layar paling populer di Play Store, menawarkan banyak fitur termasuk perekaman full HD di 60fps. Aplikasi ini memiliki sejumlah alat untuk memperbesar video setelah merekamnya, seperti musik latar dan opsi untuk merekam diri (face cam), dan melakukan video intro dan outro. Ini sangat baik untuk bermain game, memungkinkan teman-teman merekam sesi teman-teman sekaligus merekam wajah saat bereaksi terhadap aksi di layar.

Download

Download melalui Play Store

AZ Screen Recorder

2TZOs3yHFM8mRLJHbjeCLfxhX Kib1td6OgZMmF0PNlIE0LGwEUAWnR9vUnDLxQfK7fl=s180 rw - Informasi: Kumpulan Aplikasi Screen-Recording Terbaik untuk Android - 6

Harga: Gratis dan Berbayar

AZ Screen Recorder tidak memerlukan akses root dan memiliki opsi untuk menjeda dan melanjutkan perekaman, yang sangat berguna untuk membuat video tutorial. Ini juga memiliki fitur overlay kamera yang menghadap ke depan, tetapi memerlukan upgrade berbayar untuk membuka kunci ini. Teman-teman dapat mengubah pengaturan seperti resolusi, frame rate, bit rate atau bahkan fitur pesan teks atau logo bersama dengan layar yang direkam. Dan support dengan rekaman mikrofon.

Download melalui Play Store