Google Maps adalah bagian penting dari perjalanan modern. Aplikasi ini dapat membantu teman-teman untuk menemukan posisi teman-teman di tempat-tempat asing dan mengingatkan tempat yang ingin teman-teman kunjungi kembali di kemudian hari. Namun, ketika teman-teman memetakan rute dari titik awal ke tempat tujuan teman-teman, aplikasi ini sering menggunakan informasi yang sudah ketinggalan zaman atau kadaluwarsa untuk merencanakan rute yang lebih sulit walaupun teman-teman mengetahui rute yang lebih nyaman untuk perjalanan tersebut.

Untuk ini pada kesempatan ini saya akan memberikan tips dan trik bagaimana cara teman-teman dapat mengambil alih proses dari pe-rute-an dan melakukannya secara manual dengan memasukkan rute yang teman-teman pilih sendiri ke dalam peta virtual tersebut.

Bagaimana Cara Merencanakan Rute pada Perangkat Komputer atau PC

Bagaimana Cara Merencanakan Rute pada Perangkat Komputer atau PC
  1. Buka Google Maps di browser teman-teman dan letakkan di lokasi titik awal teman-teman dan area yang ingin teman-teman kunjungi atau lokasi tujuan.

    Secara otomatis peta akan menghitung rute terpendek sesuai dengan informasi yang tersedia, yang akan muncul di layar dalam bentuk garis putus-putus biru yang menghubungkan titik awal ke tujuan teman-teman.
  2. Klik pada titik di jalur biru di mana teman-teman ingin membuat perubahan pada rute.
  3. Selanjutnya seret titik itu ke arah yang teman-teman inginkan sampai garis biru di lokasi itu ditempatkan di jalan baru yang ingin teman-teman ambil. Arah yang terlihat di sebelah kiri halaman akan berubah secara otomatis untuk mencerminkan rute baru.
  4. Kemudian teman-teman bisa melanjutkan memilih titik yang berbeda pada garis biru sampai teman-teman memetakan seluruh rute yang ingin teman-teman gunakan, dan itu akan secara otomatis mengunci rute yang sudah teman-teman pilih.

Bagaimana Cara Merencanakan Rute pada Perangkat Smartphone atau Ponsel Android

Bagaimana Cara Merencanakan Rute pada Perangkat Smartphone atau Ponsel Android
  1. Buka aplikasi Google di ponsel Android teman-teman dan masukkan tujuan teman-teman.

    Pada perangkat Android, pilih garis berwarna abu-abu yang mewakili salah satu dari beberapa rute alternatif yang mungkin muncul di persimpangan tertentu.
  2. Pilih pada garis abu-abu, dan itu akan menggantikan garis biru yang menunjukkan rute sebelumnya. Rute abu-abu lainnya masih akan terlihat, dan teman-teman dapat terus memilih garis abu-abu lainnya hingga teman-teman memetakan rute yang teman-teman sukai.
  3. Setelah teman-teman menyeret rute yang baru ke lokasi baru, rute lain akan hilang dari layar, dan teman-teman akan mendapatkan petunjuk arah yang baru sesuai dengan rute yang sudah teman-teman pilih sebelumnya.

Catatan Kecil

Perlu diingat dan digaris bawahi bahwa Google Maps menentukan rute yang didasarkan tidak hanya pada aksesibilitas jalan yang terlibat, tetapi juga dengan memperhitungkan faktor lain seperti: kemacetan lalu lintas, kondisi cuaca, dan sejumlah faktor lain untuk membuat perjalanan menjadi cepat, aman dan tidak berisiko.

Jangan terlalu cepat untuk mengabaikan rute Google Maps hanya karena teman-teman mengetahui cara lain atau jalan tikusnya, tapi teman-teman bisa menggunakan cara manual ini jika ada kemacetan atau jika teman-teman ingin mampir di suatu tempat-tempat tertentu.