Para dewa dan karakter mitologi Tionghwa (Tionghoa) tidak hanya mewakili ajaran dan kepercayaan agama, mereka juga mencerminkan nilai-nilai klasik Tionghwa. Kisah-kisah fantasi Tionghwa klasik terkenal karena memiliki ratusan karakter. Berikut daftar dewa dan karakter dalam mitologi Tionghwa, ini hanya karakter utama dari karya-karya klasik.

Taoisme (道教)

Kadang-kadang digambarkan sebagai kepercayaan asli Tionghwa, Taoisme adalah agama dan filosofi kuno yang menekankan kehidupan yang harmonis dengan alam semesta yaitu Tao. Seiring waktu, sejumlah besar ritual dan praktik dimasukkan ke dalam iman. Tao juga menyembah dewa-dewa dan dewi-dewi.

Ba Xian (八仙)

“Delapan Dewa” adalah sekelompok dewa Tao yang biasanya diwakili oleh artefak unik yang mereka miliki. Kisah mereka yang paling terkenal adalah bahwa mereka perrnah menyeberangi Laut Timur dan berselisih dengan Raja Naga Timur. Secara individual, mereka adalah:

Li Tieguai (李铁 拐)

Seorang pria pengemis lumpuh dengan kruk (tongkat).

Han Zhongli (汉 钟离)

Seorang mantan jenderal yang periang dan penggemar berat Tionghwa.

Lu Dongbin (吕洞宾)

Seorang pendeta Tao dengan pedang kembar yang memiliki kekuatan magic.

He Xiangu (何仙姑)

Seorang wanita muda cantik memegang bunga lotus.

Lan Caihe (蓝 采 和)

Seorang anak muda androgini dengan keranjang bunganya.

Han Xiangzi (韩湘子)

Sarjana Cina dengan seruling bambu.

Zhang Guolao (张 果 老)

Seorang pria tua yang bijak dengan keledai dan memegang drum ikan Tionghwa.

Cao Guojiu (曹国舅)

Seorang mantan punggawa dengan alat musik Cina.

Dou Mu Niang Niang (斗 母 娘娘)

Dewi yang merupakan ibu dari the Big Dipper stars. Pada awalnya dia disembah oleh orang Cina kuno sebagai nenek moyang bintang-bintang dan rasi bintang.

Ling Bao Tian Jun (灵宝 天君)

Ling Bao Tian Jun berarti “Dewa Surgawi dari Harta Karun Ilahi” Dikatakan dia dapat menyimpan misteri alam semesta di matanya.

San Guan (三 官)

“Tiga Perwira” yaitu: Langit, Bumi, dan Air. Ada beberapa versi berbeda tentang siapa perwira itu. Misalnya, Petugas Langit diyakini oleh beberapa orang sebagai Kaisar Giok, sementara yang lain melihatnya sebagai salah satu kaisar Cina kuno.

Tai Shang Lao Jun (太上老君)

Tai Shang Lao Jun, juga dikenal sebagai Dao De Tian Jun (道德 天君), adalah gelar Tao untuk Laozi, pendiri mitos Taoisme. Ia diyakini sebagai penulis Dao De Jing, teks utama dalam Taoisme. Bersama dengan Yuan Shi Tian Jun dan Ling Bao Tian Jun, Tai Shang Lao Jun membentuk the Three Purities juga, trinitas tertinggi dalam Taoisme. Salah satu dewa Tao yang paling disembah, Tai Shang Lao Jun muncul dalam banyak kisah fantasi Tionghwa klasik dan modern. Dalam hal ini, ia sering digambarkan sebagai orang bijak yang mengendarai seekor sapi hijau, dan dikaitkan dengan penciptaan ramuan keabadian.

Xi Wang Mu (西 王母)

Bunda Ratu Barat. Awalnya seorang dewi Tionghwa kuno, dia dimasukkan ke dalam Taoisme dan kemudian dikaitkan dengan keabadian dan umur panjang. Legenda mengatakan bahwa ia tinggal di Kun Lun, pegunungan mistis Taoisme.

Yu Huang Da Di (玉皇大帝)

di luar Cina lebih dikenal sebagai “Kaisar Giok/Kaisar Langit“, Yu Huang Da Di adalah penguasa surga di Tao. Namun, tidak seperti mitologi lainnya, ia bukan dewa tertinggi; beberapa kepercayaan bahkan menganggapnya hanya asisten dari the Three Purities. Kaisar Langit sering muncul dalam kisah-kisah fantasi dan kisah-kisah Cina. Biasanya, perannya mewakili hierarki sosial tradisional dan tabu.

Yuan Shi Tian Jun (元始 天君)

Diterjemahkan secara kasar sebagai “Tuhan Surgawi Primordial” Yuan Shi Tian Jun adalah salah satu dari the Three Purities Taoisme, dan dikatakan sebagai penguasa surga yang asli. (Dia kemudian mendelegasikan tugas ini ke Kaisar Giok). Ia juga dipuji atas penciptaan langit dan bumi, dan diyakini telah lahir dari cara primordial. Dalam Investiture of the Gods, dia adalah pemimpin spiritual tertinggi dari Pasukan Zhou.

Zhang Daoling (张道陵)

Pendiri Sekte Taoisme Zhengyi. Biasanya disebut sebagai Zhang Tianshi, Tianshi yang berarti “Tuan Surgawi,” Zhang juga merupakan salah satu tokoh sejarah terpenting dalam Taoisme.