International Morse Code - Catatan Kecil: Kode Morse - 2

Apa itu Kode Morse?

Kode Morse merupakan media komunikasi yang memungkinkan transmisi dan penerimaan pesan melalui suara, cahaya dan alfabet alfanumerik yang terdiri dari titik, garis, dan spasi.

Dikembangkan pada tahun 1837 oleh Alfred Vail saat berkolaborasi dengan Samuel Morse dalam penemuan telegraf listrik. Vail menciptakan sebuah metode untuk telegraphing setiap huruf dan nomor dengan menggunakan garis dan/atau titik. Perlu dicatat bahwa setiap garis berlangsung sekitar 3 kali lebih lama dari satu titik (sekitar 1/25 detik); bahwa setiap sepasang simbol dipisahkan oleh ketiadaan sinyal, yang memiliki perkiraan durasi dengan titik dan kata-katanya dipisahkan oleh ketiadaan sinyal yang durasinya 7 kali dari titik.

Terlepas dari kenyataan bahwa Vail adalah orang yang merancang sistem tersebut, dan Morse yang mematenkannya bersama dengan telegraf listrik karena keduanya telah menandatangani perjanjian yang menyatakan bahwa Morse akan memberinya 25% dari hak tetapi hanya namanya yang akan muncul di dokumen, begitulah bagaimana kode ini dikenal dengan nama “Kode Morse Amerika“.

Awalnya, alfabet Morse digunakan dalam garis telegraf, kemudian dalam transmisi radio (pesawat terbang dan kapal) diggantikan oleh titik dan garis dengan “beep” pendek atau panjang karena berharap untuk menyampaikan; Saat ini digunakan hampir secara eksklusif oleh amatir radio, namun, sangat berguna ketika kondisi atmosfer atau lainnya tidak memungkinkan alat komunikasi lain karena kode Morse dapat menggunakan cara lain yang lebih sederhana seperti sumber cahaya intermiten (sinar cahaya pendek yang mewakili suatu titik, sedangkan sinar yang lebih panjang adalah garis) atau jenis suara apa pun yang memungkinkan titik dan garis direproduksi.

Penting juga untuk saya sebutkan disini bahwa pada 3 Mei 2004, International Telecommunication Union (ITU) menambahkan simbol @ ke kode, yang belum dimodifikasi selama lebih dari 60 tahun.

Fakta Menarik

Karena Thomas Alva Edison (1847-1931) tuli, ia mengajar pacarnya Mary Stilwell kode Morse agar mereka dapat berkomunikasi. Edison dikatakan telah melamarnya dengan mengetuk tangannya dan dia menanggapi dengan cara yang sama.