Deep Web: Apa itu The Hidden Wiki?

The Hidden Wiki merupakan sebuah website wiki yang hanya dapat diakses melalui jaringan TOR. Website tersebut menyediakan kumpulan-kumpulan website atau alamat situs-situs yang berdomain .onion. Bahasa yang digunakan dalam website tersebut adalah bahasa inggris. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2005 dan sempat mengalami vakum, kemudian diluncurkan kembali pada tahun 2009.

Tampilan Halaman The Hidden Wiki

Situs-situs yang disediakan The Hidden Wiki adalah situs-situs yang mengarah ke berbagi hal-hal yang negatif. Seperti pornografi anak dan situs perdagangan elektronik yang menjual barang-barang serta jasa selundupan, termasuk senjata, uang dan identitas palsu, kartu kredit hasil curian, pembunuh bayaran, dan obat-obatan.

Untuk mengakses website hidden wiki dapat  dilakukan melalui alamat https://zqktlwi4fecvo6ri.onion/wiki/Main_Page. Tapi untuk dapat terhubung dengan website tersebut harus berada dalam jaringan TOR. Adapun alternatif dari Hidden Wiki yaitu OnionDir. OnionDir memiliki persentase tautan aktif yang jauh lebih tinggi daripada Hidden Wiki, alamat OnionDir yang aktif saat ini adalah http://dirnxxdraygbifgc.onion/.

Akankah OnionDir menjadi wiki tersembunyi baru? Kalo menurut saya sih setidaknya OnionDir berpotensi untuk menjadi alternatif yang baik.

"Lalu Zulfakar Hidayat : Hi, Perkenalkan nama ku Lalu Zulfakar. Seorang Back-End Developer, Desainer Grafis, Blogger dan Hacking & Cyber Security Enthusiast.."

View Comments (14)