Pulau bundar yang hampir sempurna ini dijuluki “The Eye“, pulau ini merupakan pulau terapung yang misterius yang diduga berputar pada porosnya sendiri. Pulau ini terletak di tepi timur laut Argentina, tepatnya di rawa-rawa Parana Delta.

The Eye ditemukan pada Maret 2016 oleh sutradara & produser film Argentina Sergio Neuspillerm, yang sedang mencari lokasi syuting untuk film tentang kejadian paranormal seperti hantu dan penampakan alien di area tersebut. Setelah menemukan pulau bulat yang luar biasa yang dikelilingi oleh air yang sama di Google Earth, Neuspillerm dan krunya mengetahui bahwa mereka telah menemukan sesuatu yang benar-benar istimewa, sehingga mereka meninggalkan proyek film aslinya dan memutuskan untuk fokus pada misteri ini.

“Ketika menemukan referensi ini di peta kami menemukan sesuatu yang tidak terduga dan meninggalkan proyek film, kami menyebutnya ‘The Eye‘,” kata Neuspillerm dalam sebuah video.

The Eye adalah lingkaran tanah yang dikelilingi oleh saluran air dengan diameter 130 meter. Kedua lingkaran [air dan tanah] begitu sempurna sehingga sulit dipercaya bahwa ini adalah formasi alami.

The Eye dapat dilihat melalui Google Maps pada koordinat 34°15’07.8’S 58°49’47.4″W. Sekarang internet dipenuhi dengan teori tentang keberadaannya. Sebagian besar orang menghubungkannya dengan aktivitas UFO dan mengklaim bahwa pulau berputar itu menyembunyikan base alien, sementara penduduk setempat percaya bahwa lingkaran-dalam-lingkaran mewakili kehadiran Tuhan di Bumi.

Pablo Suarez dari Boston University yang melakukan pemodelan sistem dinamis, mengatakan bahwa baginya itu tidak tampak seperti kawah atau disebabkan oleh fenomena alam apa pun. Gustavo Sznaider, yang bekerja di sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pengawasan satelit, menyatakan bahwa ia belum pernah melihat yang seperti itu sebelumnya, meskipun bertahun-tahun pengalaman dia telah menganalisis citra Bumi.

Namun, seseorang bernama Daniel Roy Finkley yang mengklaim bahwa The Eye bukanlah misteri. Dia mengklaim bahwa mereka sebenarnya adalah lingkungan alam yang khas dari pantai. Berikut ini video YouTube yang menunjukkan beberapa formasi serupa di sekitar Argentina.

Tampilan Google Maps

Gambar The Eye

El Ojo Misterioso. Photo by Hebert Coello. From Google Maps

Cuplikan Misteri: The Eye – Pulau Misterius yang Dapat Berputar

Referensi

https://odditycentral.com/news/the-eye-a-mysterious-rotating-island-in-argentina.html