Ruang Misner: Alam Semesta Sederhana dan Perjalanan Waktu

Ruang Misner

Alam semesta sederhana (simplified universe) yang ditemukan oleh Charles Misner dari Universitas Maryland.

Ruang Misner adalah ruang ideal di mana kamar tidur Anda, contohnya: menjadi seluruh alam semesta. Katakanlah setiap titik di dinding kiri kamar tidur Anda identik dengan titik di dinding kanan. Artinya jika Anda berjalan menuju dinding kiri, hidung Anda tidak akan berdarah, melainkan akan menembus dinding dan muncul kembali dari dinding kanan. Artinya, sedikit-banyak, dinding kiri dan kanan terhubung, seperti pada silinder.

Tambahan lagi, titik-titik di dinding depan identik dengan titik-titik di dinding belakang, dan titik-titik di atap identik dengan titik-titik di lantai. Dengan demikian, bila Anda berjalan ke arah mana pun, Anda persis menembus dinding kamar tidur Anda dan kembali lagi ke kamar tidur Anda. Anda tidak dapat melarikan diri. Dengan kata lain, kamar tidur Anda sesungguhnya adalah seluruh alam semesta!

Yang betul-betul ganjil adalah bahwa, jika Anda memandangi dinding kiri secara seksama, Anda melihat bahwa ia sebenarnya transparan dan terdapat salinan kamar tidur Anda di sisi lain dinding ini. Kenyataannya, terdapat klon/salinan persis diri Anda sedang berdiri di kamar tidur lain tersebut, walaupun Anda hanya bisa melihat sisi belakang Anda, tak pernah sisi depan Anda. Jika Anda melihat ke bawah atau ke atas, Anda juga melihat salinan diri Anda. Kenyataannya, terdapat rangkaian diri Anda dalam jumlah tak terhingga sedang berdiri di depan, di belakang, di bawah, dan di atas Anda.

Membuat kontak dengan diri Anda cukup sulit. Setiap kali Anda membalik kepala Anda untuk melihat sekilas wajah klon-klon Anda, Anda mendapati bahwa mereka juga telah berbalik, sehingga Anda tak pernah melihat wajah mereka. Tapi jika kamar tidurnya cukup kecil, Anda dapat menembuskan tangan Anda ke dinding dan meraih bahu klon di depan Anda. Kemudian Anda akan terkejut mendapati bahwa klon di belakang Anda juga telah menyentuh dan meraih bahu Anda. Di samping itu, Anda bisa menyentuh dengan tangan kiri dan kanan Anda, memegang klon di sisi Anda, sampai ada rangkaian diri Anda dalam jumlah tak terhingga yang memegang tangan. Praktisnya, Anda telah menyentuh sekeliling alam semesta sepenuhnya untuk memegang diri Anda.

Sebaiknya tidak mencelakai klon-klon Anda. Bila Anda mengambil senapan dan mengarahkannya kepada klon di depan Anda, Anda harus mempertimbangkan kembali untuk menarik pemicunya, karena klon di belakang Anda juga sedang mengarahkan senapan kepada Anda!

Hawking dan Perjalanan Waktu

Ruang Misner sering dipelajari karena mempunyai topologi yang sama dengan wormhole, namun jauh lebih sederhana untuk ditangani secara matematis. Jika dinding bergerak, maka perjalanan waktu di alam semesta Misner menjadi mungkin.
Karena solusi wormhole amat sulit dikerjakan, Hawking memulai argumennya dengan menganalisa ruang Misner.

Dalam ruang Misner, asumsikan dinding-dinding kolaps di sekeliling Anda. Nah, persoalan menjadi sangat menarik. Katakanlah kamar tidurnya sedang ditekan, dengan dinding kanan yang perlahan-lahan menuju ke arah Anda pada kecepatan 2 mil per jam. Jika Anda berjalan menembus dinding kiri, Anda akan muncul kembali dari dinding kanan yang sedang bergerak, tapi didorong oleh kecepatan tambahan 2 mil per jam, jadi Anda kini berjalan dengan kecepatan 4 mil per jam. Kenyataannya, setiap kali Anda melakukan perjalanan penuh melewati dinding kiri, Anda mendapat kecepatan tambahan 2 mil per jam yang timbul dari dinding kanan, jadi Anda kini berjalan pada kecepatan 6 mil per jam. Setelah mengulangi perjalanan mengelilingi alam semesta, Anda berjalan 6, 8, 10 mil per jam hingga secara bertahap mencapai kecepatan luar biasa mendekati kecepatan cahaya.

Pada titik kritis tertentu, Anda berjalan begitu cepat di alam semesta Misner ini sehingga Anda pergi ke masa lalu. Kenyataannya, Anda bisa mengunjungi titik ruang-waktu terdahulu. Hawking menganalisa ruang Misner ini secara seksama. Dia menemukan bahwa dinding kiri dan dinding kanan, secara matematis, hampir identik dengan dua mulut wormhole. Dengan kata lain, kamar tidur Anda menyerupai wormhole, di mana dinding kiri dan dinding kanan adalah sama, serupa dengan dua mulut wormhole, yang juga identik.

Kemudian dia menguraikan bahwa ruang Misner ini tidak stabil, baik secara klasik maupun secara mekanika quantum. Bila Anda menyorotkan lampu senter ke dinding kiri, misalnya, sorot cahaya tersebut mendapat energi setiap kali ia muncul dari dinding kanan. Sorot cahaya menjadi ter-blueshift-kan—yaitu, menjadi lebih energetik hingga mencapai energi tak terhingga, yang mana adalah mustahil. Atau, sorot cahaya menjadi begitu energetik sehingga menciptakan medan gravitasi dahsyatnya sendiri yang mengkilapkan kamar tidur/wormhole.

Di samping itu, seseorang bisa memperlihatkan bahwa sesuatu yang disebut tensor energi-momentum, yang mengukur kandungan energi dan materi ruang, menjadi tak terhingga karena radiasi dapat menembus kedua dinding melewati waktu tak terhingga.

Menurut Hawking, ini adalah serangan penghabisan terhadap perjalanan waktu – efek-efek radiasi quantum bertambah hingga menjadi tak terhingga, menimbulkan divergensi (percabangan), membunuh pelancong waktu, dan menutup wormhole.

Sejak paper Hawking, pertanyaan penyimpangan yang dia angkat telah membangkitkan diskusi yang bergairah dalam literatur fsika, di mana para ilmuwan mengambil posisi pro dan kontra terkait perlindungan kronologi. Nyatanya, beberapa ilmuwan mulai menemukan jalan keluar pada bukti Hawking dengan melakukan pemilihan yang sesuai untuk wormhole, dengan mengubah ukurannya, panjangnya, dan sebagainya. Mereka menemukan bahwa dalam beberapa solusi wormhole, tensor energi-momentum memang faktanya berdivergensi, tapi pada solusi lain dirumuskan dengan baik.

Fisikawan Rusia Sergei Krasnikov menguji pertanyaan divergensi untuk berbagai tipe wormhole ini dan menyimpulkan bahwa “tidak ada bukti yang mengindikasikan bahwa mesin waktu pasti tidak stabil.”

Pada 1998, Hawking terpaksa melakukan semacam penarikan. Dia menulis, “Fakta bahwa tensor energi-momentum tidak berdivergensi [dalam kasus tertentu] menunjukkan bahwa reaksi balik tidak mengharuskan perlindungan kronologi.” Ini tidak berarti bahwa perjalanan waktu adalah mungkin, cuma berarti bahwa pemahaman kita masih belum lengkap.

Fisikawan Matthew Visser melihat kegagalan perkiraan Hawking “bukan sebagai pemulihan nama baik bagi para peminat perjalanan waktu, tapi lebih sebagai indikasi bahwa penyelesaian isu perlindungan kronologi memerlukan teori gravitasi quantum yang dikembangkan secara utuh.”

Hari ini, Hawking tidak lagi mengatakan bahwa perjalanan waktu adalah mustahil sama sekali, cuma mengatakan bahwa itu sangat tidak mungkin dan tidak dapat dilakukan. Kemungkinan perjalanan waktu teramat kecil. Tapi seseorang tidak dapat mengesampingkannya sama sekali. Jika seseorang bisa, dengan suatu cara, memanfaatkan energi positif dan negatif dalam jumlah besar dan memecahkan persoalan stabilitas, perjalanan waktu betul-betul mungkin dilakukan. Dan barangkali alasan mengapa kita tidak dibanjiri oleh turis dari masa depan adalah bahwa masa paling lampau yang bisa mereka datangi adalah masa ketika mesin waktu dibuat, dan barangkali mesin waktu tersebut belum dibuat.

Referensi: Michio Kaku, Parallel Worlds

"Lalu Zulfakar Hidayat : Hi, Perkenalkan nama ku Lalu Zulfakar. Seorang Back-End Developer, Desainer Grafis, Blogger dan Hacking & Cyber Security Enthusiast.."

View Comments (16)

  • Hmm, soal time traveller ini memang agak riskan jika diperbincangkan. Karena banyak pro kontra terkait kenyataannya. Kalau dipikir secara logika, tentu saja nggak mungkin. Tapi, bisa jadi mungkin saat mempertimbangkan adanya teknologi luar biasa seperti sekarang ini.

  • Bila kamarku adalah sebuah alam semesta.. maka kamarku adalah sebuah sistem alam yang memiliki gaya gravitasi paling kuat. emm you know lah hebe

  • Jadi perjalanan waktu itu bisa, tapi kemungkinan kecil..... Kalaupun bisa kembali kemasalalu bisa disalah gunakan untuk merubah sejarah, kalaupun ada penelitian tentang ini pasti dilakukan secara rahasia agar untuk kepentingan pribadi

    • Entahlah, saya pikir perjalanan waktu itu tidak akan pernah terjadi.
      Tapi banyak teori tentang perjalanan waktu dan ada bukti fotonya sayangnya fotonya itu blur dikarenakan perjalanan menjelajahi waktu tersebut

  • apa benar kita bisa melintasi waktu seperti yang tertulis di artikel ?
    soalnya masih samar samar dalam pemikiran saya,gan

1 2