Google Analytics adalah salah satu alat analisis situs web yang sangat populer. Cukup dengan menambahkan beberapa kode pada situs web teman-teman (atau bahkan yang lebih sederhana, dengan memasang plugin untuk situs yang menggunakan WordPress). Teman-teman dapat memantau bagaimana pengunjung berinteraksi dengan halaman web. Google Analytics akan memberi tahu teman-teman berapa banyak pengunjung yang sudah diterima, halaman mana yang mereka kunjungi, berapa lama mereka online, dan banyak lagi.

Tapi, begitu banyaknya informasi yang diterima, mungkin sulit untuk teman-teman memahami apa yang terlihat. Beberapa istilah yang digunakan Google tidak intuitif dan dapat menyebabkan kebingungan. Untuk itu pada postingan ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang 3 hal tersebut yaitu Pengguna, Sesi, dan Tampilan Halaman.

Apa Perbedaan Antara Pengguna, Sesi, dan Tampilan Halaman?

Alasan utama pemilik situs web menggunakan perangkat lunak seperti Google Analytics adalah untuk mengukur lalu lintas pada situs web, atau berapa banyak orang yang mengunjungi situs web mereka. Namun, saat teman-teman membuat Analytics, tidak tahu secara jelas bagaimana cara terbaik untuk mengukur lalu lintas sebuah situs web. Ada begitu banyak metrik berbeda yang sesuai dengan lalu lintas masing-masing yaitu:

  1. Pengguna
  2. Sesi
  3. Tampilan Halaman

Pengguna

Pengguna mewakili individu atau orang yang mengunjungi situs teman-teman. Jika Pengguna yang sama pergi/keluar situs teman-teman dan kembali lagi, Google Analytics akan menghitungnya sebagai 1 user atau kunjungan keduanya tidak akan menambah jumlah dari Pengguna (karena user tersebut sudah diperhitungkan sebelumnya(pada kunjungan pertamanya)).

Sesi

Sesi mewakili satu kunjungan pada situs web. Pada saat Pengguna mengunjungi satu halaman dari web dan pergi/keluar beberapa detik kemudian, atau mungkin menghabiskan beberapa jam/menit untuk membaca setiap posting blog di situs web, itu akan dianggap sebagai Sesi tunggal. Jika Pengguna itu pergi dan kemudian kembali lagi, itu tidak akan dihitung sebagai Pengguna baru (lihat di atas), tetapi itu akan dihitung sebagai Sesi baru.

Tampilan Halaman

Tampilan Halaman mewakili setiap waktu individu atau orang di halaman pada situs web yang dimuat oleh Pengguna. Satu Sesi dapat mencakup banyak Tampilan Halaman, jika Pengguna pergi ke halaman web lain di situs web tanpa keluar/meninggalkan situs tersebut.

Metrik Paling Penting di Google Analytics.

Terus, metrik mana yang lebih penting untuk sebuah situs web?

Secara umum,teman-teman harus fokus pada ketiga metrik ini untuk meningkatkan lalu lintas pada situs web. Namun, tergantung pada tujuan situs web yang teman-teman miliki, beberapa metrik mungkin lebih penting daripada yang lain.

Contoh

Misalnya, banyak situs menghasilkan uang dari tayangan iklan. Setiap kali halaman dimuat, iklan akan ditampilkan dan situs itu menghasilkan uang. Dalam hal ini, pendapatan terkait langsung dengan Tampilan Halaman dan Pengguna, kemudian untuk metrik Sesi kurang relevan.

Mengapa begitu? Baik, jadi gini. Satu Pengguna melihat sepuluh halaman yang berbeda? atau sepuluh Pengguna yang berbeda masing-masing melihat satu halaman, jumlah tayangan iklan adalah sama. Semakin banyak halaman yang dilihat, semakin banyak uang yang dihasilkan. Untuk meningkatkan pendapatan, teman-teman bisa fokus untuk mendatangkan lebih banyak Pengguna, atau teman-teman bisa fokus untuk membuat grup Pengguna yang ada melihat lebih banyak halaman (dengan menambah panjang Sesi mereka). Namun demikian, tujuan akhir teman-teman adalah untuk meningkatkan jumlah Tampilan Halaman.

Sebagai contoh, banyak situs web yang menghasilkan uang dari lead generation. Ketika Pengguna memanggil atau mengisi sebuah formulir, maka situs tersebut menghasilkan uang. Seorang Pengguna tidak dapat mendaftar dua kali, sehingga untuk terus menghasilkan uang, situs ini membutuhkan Pengguna Baru. Tampilan dan Sesi Halaman mungkin tidak begitu penting.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, jika teman-teman ada pertanyaan silakan ajukan di kolom komentar. Terima kasih.

5/5 (1 Review)