Apakah teman-teman disini membuat website/blog dengan WordPress? Berikut ini adalah beberapa tips & trik yang mudah untuk meningkatkan keamanan WordPress teman-teman dan menjaga website teman-teman tetap aman. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga website tetap aman dari serangan hacker, baik untuk keamanan pemilik dan juga audiens nya.

Tahukah teman-teman bahwa lebih dari 25% website yang beredar di internet menggunakan CMS WordPress?

Jangan Lupa Update

Ada banyak alasan mengapa penting untuk selalu memperbarui website WordPress. Dengan selalu melakukan pembaruan secara rutin akan meningkatkan efisiensi website teman-teman, selain itu setiap pembaruan juga disertai dengan peningkatan keamanan. Jika teman-teman tidak dapat melakukan pembaruan secara berkala, teman-teman bisa menggunakan opsi pembaruan otomatis.

Batasi Upaya Masuk

Secara default, WordPress memberi batasan masuk pengguna secara tak terbatas untuk masuk ke akun mereka. Ketika tidak ada batasan, hacker akan dapat menggunakan teknologi ini dengan memasuki setiap kombinasi yang memungkinkan hingga login berhasil secara paksa. Untuk memberi batas masuk, teman-teman dapat mengunduh plugin ini untuk membatasi untuk upaya login.

Gunakan Two-Factor Authentication

Jika teman-teman masih khawatir tentang akan serangan hacker yang dapat mengakses ke akun WordPress teman-teman, teman-teman bisa mengaktifkan two-factor authentication. Dengan mengaktifkan two-factor authentication dapat memberi teman-teman keamanan yang lebih.

WordPress memberi pengguna nya beberapa opsi berbeda untuk mengakses akun mereka. Mulai dari menjawab sebuah pertanyaan, mengetik kata sandi kedua, atau memasukkan kode yang teman-teman terima melalui SMS.

Instal SSL untuk Meningkatkan Keamanan WordPress

SSL (Secure Sockets Layer) adalah teknologi yang dapat mengenkripsi semua informasi sensitif di website teman-teman, teknologi ini dapat mempersulit hacker untuk mengakses. Karena Google suka menampilkan situs yang aman dan ramah pengguna, peringkat SEO teman-teman juga akan meningkat setelah menginstal SSL.

Lakukan Backup Website Secara Berkala

Jika teman-teman berada pada situasi darurat dimana akun teman-teman diretas atau dihapus, teman-teman dapat mengembalikan semuanya selama teman-teman memiliki backup-an website. Oleh karena itu pilihlah layanan penyedia hosting yang memiliki fitur backup ini, sekalipun teman-teman tidak memerlukan fitur backup, akan lebih baik untuk selalu memiliki backup-an dari website.

Instal Firewall untuk Keamanan WordPress

Jika teman-teman belum memiliki firewall yang kuat di komputer server, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menginstalnya. Untuk meningkatkan keamanan, teman-teman juga dapat menginstal firewall langsung ke website WordPress. Ada banyak plugin firewall yang bisa teman-teman gunakan untuk memblokir virus dan malware.

Jangan Lupa Awasi Log Audit

Jika teman-teman bukan satu-satunya admin di website tersebut, melacak setiap aktivitas dapat membantu teman-teman mendeteksi perilaku yang mencurigakan sebelum datang masalah besar. WP Security Audit Log dapat memberi teman-teman akses ke daftar semua aktivitas dan jika ada sesuatu yang terlihat tidak normal, teman-teman akan menerima pemberitahuan email.

Keamanan Website Harus Menjadi Prioritas

Dengan tips cara meningkatkan keamanan WordPress ini, teman-teman akan tenang dan dapat terus membuat konten yang teman-teman sukai tanpa diganggu oleh hacker.

5/5 (12 Reviews)