Banyak project elektronik menggunakan sebuah papan yang biasa disebut dengan nama Breadboard. Apa itu breadboard, dan bagaimana cara menggunakannya? Artikel tutorial ini akan memberitahu teman-teman tentang apa sih itu breadboard dan bagaimana cara menggunakan breadboard untuk pemula.

Apa itu Breadboard?

Breadboard adalah papan plastik berbentuk persegi panjang dengan banyak lubang kecil di dalamnya. Lubang-lubang ini membuat teman-teman dapat dengan mudah memasukkan komponen elektronik ke prototipe (artinya membangun dan menguji) Sirkuit elektronik tanpa melakukan solder.

Sambungan tersebut tidak permanen, sehingga mudah untuk melepaskan komponen jika teman-teman melakukan kesalahan, atau memulai kembali dan melakukan proyek baru. Inilah yang membuat breadboard cocok dan bagus untuk pemula yang baru mengenal elektronik. Teman-teman dapat menggunakan breadboard untuk membuat semua jenis proyek elektronik yang menyenangkan, dari berbagai jenis robot, hingga detektor hujan elektronik untuk membantu menghemat air di taman, jemuran otomatis, dll.

Teman-teman mungkin bertanya-tanya apa sih hubungan elektronik ini dengan roti. Istilah breadboard atau jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia akan menjadi papan tempat memotong roti (talenan) berasal dari masa awalnya elektronik, ketika orang menggunakan paku atau sekrup ke papan kayu di mana papan itu biasa digunakan untuk memotong roti tapi digunakan untuk menghubungkan sirkuit mereka. Untungnya, karena teman-teman mungkin tidak ingin merusak semua talenan yang teman-teman miliki demi proyek elektronik, makan breadboard lah pilihan yang lebih baik.

Jenis-jenis Breadboard?

Breadboard modern ini terbuat dari plastik dan tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan bahkan warna yang berbeda. Sementara ukurannya ada yang lebih besar dan lebih kecil, ukuran paling umum yang mungkin akan teman-teman lihat adalah ukuran penuh (full), ukuran sedang (half), dan breadboard mini atau ukuran kecil. Kebanyakan breadboard juga dilengkapi dengan tab dan lekukan di sisi yang memungkinkan teman-teman untuk menggabungkan beberapa breadboard sekaligus. Namun, breadboard berukuran sedang sudah cukup untuk proyek-proyek pemula.

Apa itu Solderless Breadboard?

Secara teknis, breadboard disebut juga papan solderless atau papan tanpa solder karena breadboard tidak memerlukan penyolderan untuk membuat sambungan atau koneksi.

Soldering (diucapkan SAW-der-ing) adalah metode di mana komponen elektronik bergabung bersama dengan melelehkan sejenis logam khusus yang disebut solder. Komponen elektronik dapat disolder langsung bersama-sama, tetapi lebih umumnya mereka disolder ke printed circuit boards (PCB). PCB adalah apa yang akan teman-teman lihat jika teman-teman melepas penutup atau casing dari suatu perangkat elektronik (semacam motherboard/mainboard) di komputer atau ponsel. Seringkali, seorang engineer akan menggunakan breadboard tanpa solder untuk membuat sebuah prototipe dan menguji sirkuit sebelum membangun desain final yang permanen pada PCB.

Menyolder adalah teknik yang bagus untuk belajar jika teman-teman tertarik pada elektronik, tetapi itu sangat mahal karena memerlukan pembelian beberapa alat untuk memulainya.

5/5 (3 Reviews)