Jika teman-teman perlu tahu bagaimana cara memeriksa sertifikat SSL di situs web mana pun, browser pada zaman modern sekarang ini sudah memudahkan pengguna Internet untuk melakukannya dan menghindari kesalahan pengiriman data sensitif melalui koneksi yang tidak aman. Untuk sebagian besar browser, lihat apakah URL situs dimulai dengan “https“, jika iya itu berarti website tersebut memiliki sertifikat SSL. Kemudian klik ikon gembok di bilah alamat untuk melihat informasi sertifikat.

Sertifikat digital adalah kredensial elektronik yang digunakan untuk mengesahkan identitas individu, komputer, dan entitas lainnya di jaringan. Jaringan pribadi dan publik digunakan dengan frekuensi yang semakin meningkat untuk mengkomunikasikan data sensitif dan menyelesaikan transaksi kritis. Ini telah menciptakan kepercayaan yang lebih besar pada identitas orang, komputer, atau layanan di ujung lain dari komunikasi. Sertifikat digital dan enkripsi kunci publik mengidentifikasi mesin dan menyediakan tingkat otentikasi dan privasi yang ditingkatkan untuk komunikasi digital.

Bagaimana Cara Mengetahui jika Website Memiliki SSL?

Jika URL dimulai dengan “https“, maka situs tersebut sudah menggunakan sertifikat SSL. Ikon gembok yang ditampilkan di browser web juga menunjukkan bahwa suatu situs memiliki koneksi yang aman dengan sertifikat SSL.

Protokol SSL memastikan bahwa data di situs tersebut diamankan melalui enkripsi dan verifikasi SSL/TLS. Penting untuk memastikan setiap website mana pun yang teman-teman kunjungi, agar data sensitif ditransfer menggunakan SSL. Situs web yang tidak memiliki SSL akan rentan terhadap serangan para peretas atau pencuri identitas, atau mungkin sebuah penipuan.

Bagaimana Cara Melihat Sertifikat SSL di Browser?

Chrome

Chrome telah mempermudah teman-teman dalam mengunjungi situs mana pun dan untuk mendapatkan informasi sertifikat hanya dengan beberapa klik saja, berikut ini cara melihat Sertifikat SSL pada Chrome:

  • Klik ikon gembok di bilah alamat untuk situs web
  • Klik Sertifikat (Valid) di jendela sembul
  • Periksa valid dari tanggal untuk memvalidasi sertifikat SSL saat ini
SSL pada Chrome - Tutorial: Cara Cek Sertifikat SSL Sebuah Website - 4

Teman-teman dapat melihat beberapa informasi pengenal tentang organisasi yang mengoperasikan website tersebut. Untuk Sertifikat non-EV, seperti Domain Divalidasi dan Organisasi Divalidasi, teman-teman hanya akan melihat Otoritas Sertifikat (CA) mana yang mengeluarkan sertifikat, bagian “Issued by:“.

Sertifikat SSL - Tutorial: Cara Cek Sertifikat SSL Sebuah Website - 5

Bagaimana Cara Cek Sertifikat SSL Secara Online?

Untuk mengecek sertifikat SSL secara online, teman-teman dapat menggunakan SSL Server Test dari Qualys SSL Labs.

Cara menggunakan tool SSL Server Test, teman-teman cukup masukan nama domain yang akan dicek. Kemudian klik Submit dan tunggu beberapa menit hingga proses scanning selesai. Maka hasilnya akan keluar seperti gambar dibawah ini.

Sertifikat SSL Secara Online - Tutorial: Cara Cek Sertifikat SSL Sebuah Website - 6