Saat ini Windows 10 sudah mendukung pengaturan Dark Mode atau dikenal sebagai Tema Gelap (Dark Theme), pengaturan ini dapat mengubah warna yang digunakan pada Windows dan beberapa aplikasi yang diinstal menjadi lebih gelap. Sementara mode gelap pada awalnya dibuat hanya untuk menampilkan lebih sedikit cahaya dan dengan demikian tidak akan mengganggu orang lain yang mungkin akan tidur, tapi banyak dari mereka termasuk saya juga lebih suka menggunakan tema gelap setiap saat karena tema gelap ini cukup baik dan lebih enak di mata.

Untuk mengaktifkan Mode Gelap pada Windows 10, teman-teman harus masuk ke Colors Settings Screen. Untuk mengaktifkannya, teman-teman masuk ke Settings > Personalization > Colors atau ketik “dark mode” pada kolom pencarian Start Menu (yang ada dipojok kiri bawah) atau seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini dan pilih Color Settings.

Tutorial Cara Mengaktifkan Tema Dark Mode di Windows 10 1 - dark mode

Setelah teman-teman berada di Color Settings Screen, gulir ke bawah hingga teman-teman melihat “Choose your default app mode” seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Tutorial Cara Mengaktifkan Tema Dark Mode di Windows 10 2 - dark mode

Untuk mengaktifkan mode gelap di Windows 10, cukup pilih pengaturan Dark untuk Choose your default app mode dan Windows 10 akan mengubah skema warna ke tema mode gelap baru seperti pada gambar di bawah ini.

Tutorial Cara Mengaktifkan Tema Dark Mode di Windows 10 3 - dark mode

Sekarang Mode Gelap sudah aktif, tema gelap ini akan digunakan di seluruh Windows dan semua aplikasinya termasuk aplikasi desktop dan juga aplikasi metro UI (aplikasi yang di download melalui Store).