Bagaimana Cara Redirect User setelah Berkomentar di WordPress?

Mengarahkan pengunjung ke halaman Terima Kasih setelah mereka berkomentari di posting adalah cara yang baik untuk berkomunikasi dengan mereka. Di halaman Terima Kasih, teman-teman dapat memberi tahu bahwa komentar mereka telah disimpan (untuk moderasi) dan mengatakan bahwa kami sangat senang mereka bergabung dalam diskusi atau semacamnya.

Di WordPress, ada 2 cara untuk melakukan itu:

  1. Menggunakan form tersembunyi di form komentar.
  2. Menggunakan action hook/menambahkan function pada file functions.php

Sebelum masuk ke detail pembahasan, ingat teman-teman sudah harus membuat dan memiliki halaman Terima Kasih di blog teman-teman. Halaman Terima Kasih ini hanya halaman normal seperti halaman WordPress lainnya.

Untuk membuat halaman ini teman-teman bisa membuat nya di menu Pages > Add New, dan tulislah sesuatu yang menarik di sana, jika teman-teman menggunakan page builder teman-teman dapat mendesainnya sesuka hati. Setelah halaman ter-publish, ingat URL-nya.
Sebagai contoh: https://laluzulfakar.com/advertisement/. Ini adalah halaman Terima Kasih saya.

Menggunakan form Tersembunyi di Form Komentar

Menggunakan form tersembunyi di form komentar sangat mudah. Pertama teman-teman buka file comments.php di folder tema (/wp-content/themes/nama-tema), kemudian cari kode seperti dibawah ini, teman-teman bisa scroll ke bawah atau cari dengan menekan CTRL+F.

<form action="<?php echo get_option('siteurl'); ?>/wp-comments-post.php" id="commentform" method="post">

Setelah ketemu kode tersebut, yang perlu teman-teman lakukan adalah menambahkan kode di bawah ini tepat dibawah kode seperti kode diatas atau kata lain setelah “post”>:

<input name="redirect_to" type="hidden" value="#URL_HALAMAN_TERIMA_KASIH#" />
<input name="redirect_to" type="hidden" value="https://laluzulfakar.com/advertisement/" />
<form action="<?php echo get_option('siteurl'); ?>/wp-comments-post.php" id="commentform" method="post"> <input name="redirect_to" type="hidden" value="https://laluzulfakar.com/advertisement/" />

Menggunakan Action Hook

Hooks disediakan oleh WordPress untuk memungkinkan sebuah plugin terhubung dengan bagian lain dari WordPress. Misal: memanggil function di plugin pada waktu tertentu, atau mengatur plugin. Untuk informasi lebih lanjut tentang hooks, teman-teman dapat membaca dengan mengunjungi halaman Plugin API di WordPress Codex.

Untuk menggunakan cara kedua ini, langkah pertama buka file functions.php, fiile ini berada di folder tema seperti diatas, kemudian paste kan kode dibawah ini di bagian paling bawah dari file tersebut.

add_action('comment_post_redirect', 'redirect_to_thank_page');  function redirect_to_thank_page() {     return 'https://laluzulfakar.com/advertisement/'; }

Ya, itu saja. Simpel dan mudah, bukan? Jika ada pertanyaan seputar artikel ini jangan ragu untuk berkomentar dibawah.

Baca Juga