WhatsApp Robot. Kirim pesan WA secara otomatis.

Tutorial: Bagaimana Cara Melihat Font yang Digunakan Sebuah Website

Teman-teman pasti pernah melakukan penelusuran web dan menemukan suatu font yang unik tetapi teman-teman tidak dapat mengidentifikasi jenis font apa yang digunakan pada text atau kata tersebut? Nah pada artikel yang berjudul “Tutorial: Bagaimana Cara Melihat Font yang Digunakan Sebuah Website“, saya akan tunjukkan bagaimana cara mengidentifikasi dan menemukan font-font tersebut dengan tepat.

Cara Melihat Font yang Digunakan Sebuah Website

1. Buka Browser Inspector

Untuk pengguna browser Chrome atau Firefox, teman-teman dapat melakukannya dengan right-clicking (mengklik kanan) dan pilih “Inspect” atau dengan cara menekan tombol shortcut dibawah ini pada keyboard:

  • Ctrl + Shift + I untuk pengguna Windows
  • Cmd + Shift + I untuk pengguna Mac

2. Pilih Element (Kalimat atau Huruf) Yang Ingin Dilihat Fontnya

Periksa font pada kalimat atau huruf tersebut dengan cara mengarahkan kursor ke elemen yang fontnya ingin teman-teman ketahui. Teman-teman dapat melakukan hal ini dengan mengklik Inspect pada elemen itu sendiri atau dengan cara melakukan navigasi ke elemen dalam document object model (DOM) pada browser inspector, peta elemen HTML berikutnya yang membentuk situs. (Perhatikan bagian halaman mana yang disorot saat teman-teman menelusuri DOM).

3. Lihat Font Yang Digunakan pada element (Kalimat atau Huruf) Pada Menu Computed

Setelah teman-teman memilih dan berada di elemen yang tepat, pilih menu Computed tab (berada disebelah kanan) di browser inspector dan gulir ke bawah tepat pada font-family atribut. Apa yang tertulis di sana itulah font yang digunakan pada elemen tersebut.

Tips Tambahan:

Ekstensi seperti WhatFont (tersedia untuk Chrome, Firefox dan Safari) dapat teman-teman gunakan dengan mudah untuk mendeteksi font families dari element atau teks apa pun di halaman web. Teman-teman hanya perlu menginstal ekstensi tersebut, kemudian mengaktifkannya. Pada situs web yang akan dilihat fontnya kemudian pilih pada elemen yang ingin teman-teman periksa jenis fontnya. Dan hasilnya akan ditampilkan dalam floating box.

Video Tutorial: Bagaimana Cara Melihat Font yang Digunakan Sebuah Website

Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa lihat video Tutorial: Bagaimana Cara Melihat Font yang Digunakan Sebuah Website

Download Link

WhatFont Chrome Extension

Situs web cloud mining gratis seumur hidup. Legit 100%
WhatsApp Robot. Kirim pesan WA secara otomatis.