Tidak semua masalah internet disebabkan oleh penyedia layanan internet teman-teman. Terkadang, itu disebabkan oleh masalah yang bisa cepat dan mudah bagi untuk diselesaikan sendiri.

Misalnya, jika teman-teman dihadapkan dengan halaman kosong ketika mencoba untuk terhubung ke situs-situs tertentu, ini mungkin hasil dari cache DNS pada sistem teman-teman yang gagal memperbarui secara sinkron dengan lokasi server yang berubah pada situs web.

DNS cache menyimpan alamat IP server nama situs web. Ini mengaksesnya untuk menyelesaikan URL yang teman-teman ketik di kolom alamat, lalu mengirimkan permintaan ke alamat IP itu.

Ketika cache DNS teman-teman tidak memiliki informasi yang sudah diperbarui, cache DNS sistem menyimpan informasi server yang lebih lama dari situs tertentu dan menghasilkan permintaan ke server yang tidak ada lagi, dan menghasilkan kesalahan 404.

Itu mungkin terjadi pada sejumlah situs web, belum tentu mayoritas situs web yang teman-teman kunjungi secara rutin. Tetapi, jika itu terus terjadi pada sejumlah situs, maka sudah waktunya untuk menghapus cache DNS. Menghapus cache DNS akan memaksa sistem teman-teman untuk meminta lokasi server yang baru dan diperbarui dari masing-masing name server dan memperbarui cache DNS-nya.

Berikut ini bagaimana cara menghapus cache DNS pada sistem operasi Windows.

Di Windows, pastikan teman-teman masuk sebagai administrator sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Tekan tombol Window+X bersama untuk membuka menu di sudut kiri bawah. Teman-teman juga dapat mengklik kanan tombol Start untuk mengaksesnya.
  2. Klik pada Windows PowerShell (Admin). Atau Command Prompt (Admin).
  3. Ketika aplikasi PowerShell atau Command Prompt sedang berjalan, ketik perintah ipconfig /flushdns. Lalu tekan Enter.

Setelah perintah dijalankan, teman-teman akan melihat pesan yang mengkonfirmasi bahwa DNS telah berhasil dihapus.

Tutorial Menghapus Cache DNS di Windows
Langkah 1. Tekan tombol Window+X bersama untuk membuka menu di sudut kiri bawah. Teman-teman juga dapat mengklik kanan tombol Start untuk mengaksesnya.
Tekan tombol Window+X , kemudian pilih Windows PowerShell (Admin) atau Command Prompt (Admin)
Setelah perintah dijalankan, teman-teman akan melihat pesan yang mengkonfirmasi bahwa DNS telah berhasil dihapus.
Setelah perintah dijalankan, teman-teman akan melihat pesan yang mengkonfirmasi bahwa DNS telah berhasil dihapus.

Setelah teman-teman selesai membersihkan cache DNS, coba akses kembali situs web. Jika teman-teman dapat mengaksesnya maka bagus, masalah terpecahkan! Jika tidak, maka saatnya untuk mencari lebih dalam pemecahan masalah.

5/5 (2 Reviews)