Tutorial: Cara Menghapus URL Dari Komentar Default WordPress

Pernah ga sih teman-teman kesal dengan para spammer yang sering memanfaatkan kolom website pada komentar blog wordpress? Kolom website pada komentar blog wordpress sering dijadikan tempat bermain SPAM oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, karena untuk melakukan spam pada wordpress itu sangatlah mudah.

Sudah menggunakan beberapa plugin untuk memfilter spam, akan tetapi masih ada saja yang lolos? Sudah mencoba berbagai cara dan hasilnya tetap masih ada saja spam yang datang. Mungkin dengan cara menghapus URL pada form komentar wordpress ini akan membantu teman-teman untuk menghindari para spammer. Karena dengan tidak adanya kolom URL pada komentar ini dapat membuat pikiran para spammer untuk membatalkan aksinya dan jika spammer menggunakan bot mungkin bot akan melewati blog teman-teman karena tidak adanya form URL tersebut.

Secara default form komentar pada platform WordPress akan memberikan input berupa URL. Untuk menonaktifkan bagian URL tersebut sebenarnya bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu:

  1. Menggunakan fungsi (coding manual pada function.php);
  2. Menggunakan plugin.

MENGGUNAKAN FUNCTION.PHP

  1. Login ke blog WordPress
  2. Buka Dashboard > Appearance > Theme Edit
  3. Klik pada tab Appearance (Menu panel sebelah kiri)
  4. Klik Edit di bawah tab Appearance.
  5. Pilih Theme yang akan diedit dari drop down (di sudut kanan atas)
  6. Klik pada function.php (di panel sebelah kanan)
  7. Copy dan paste kodenya dan letakan pada bagian paling bawah.
  8. Kemudian Submit / Save

Untuk teman-teman yang mungkin WordPress memiliki hak akses terbatas pada user nya. (Misal: tidak adanya menu editor pada theme). Mungkin bisa menggunakan cara alternatif ini dengan cara melakukan edit function melalui cPanel > File Manager.

  1. Login ke cPanel
  2. Buka File Manager
  3. Masuk ke directory dimana teman-teman menginstall wordpress.
  4. Masuk ke directory wp-content > themes > {Directory theme yang digunakan}
  5. Edit file function.php
  6. Copy dan paste kodenya dan letakan pada bagian paling bawah.
  7. Kemudian Submit / Save

Source Code

add_filter('comment_form_default_fields', 'remove_url');
function remove_url($fields)
{
    if(isset($fields['url']))
    unset($fields['url']);
    return $fields;
}
Langkah-langkah menghapus kolom URL pada form komentar wordpress (dengan gambar).
Buka File Manager melalui cPanel
Pilih directory theme yang digunakan
Edit file function.php pada directory theme yang digunakan

MENGGUNAKAN PLUGIN

Jika teman-teman tidak ingin repot atau ribet bahkan sampai khawatir akan merusak blog dan membuat blog menjadi error saat salah meletakkan kode tersebut, maka teman-teman bisa menggunakan cara yang sangat mudah yaitu dengan menginstall plugin.

Ada banyak sekali plugin yang dapat teman-teman gunakan, namun yang paling simpel dan mudah menurut saya adalah:

  1. Remove Comment Website/URL Box (by: Mark Hodder). Download
  2. Remove Fields (by: Nabil Kadimi). Download

Teman-teman cukup melakukan instalasi kemudian mengaktifkan plugin tersebut tanpa melakukan pengaturan sedikitpun, maka secara otomatis kolom URL pada form komentar wordpress akan nonaktif atau hilang.

Karena kecepatan dan optimalisasi WordPress adalah prioritas utama dari setiap blogger dalam memelihara blog wordpress mereka, maka saya menyarankan teman-teman untuk menggunakan metode pertama dengan cara menambahkan kode snippet ke dalam file function.php pada theme yang digunakan. Jika teman-teman menggunakan plugin untuk menerapkan fungsi tersebut itu akan berdampak secara langsung terhadap kinerja wordpress.

Catatan

Pastikan untuk melakukan backup sebelum teman-teman menggunakan metode pertama. Dan jangan lupa untuk melakukan clear cache agar perubahan pada function bisa bekerja secara normal.
Untuk mengembalikan kolom URL tersebut cukup hapus kode snippet dan clear cache.

5/5 (7 Reviews)
"Lalu Zulfakar Hidayat : Hi, Perkenalkan nama ku Lalu Zulfakar. Seorang Back-End Developer, Desainer Grafis, Blogger dan Hacking & Cyber Security Enthusiast.."