Tutorial: Cara Mengunduh Seluruh Situs Web untuk diakses Secara Offline

DNS

Cukup mudah untuk menyimpan halaman web secara terpisah atau 1 halaman untuk dibaca secara offline, tetapi bagaimana jika teman-teman ingin mengunduh seluruh situs web? Yah, itu lebih mudah dari yang teman-teman pikirkan! Berikut adalah empat alat (software) yang sangat bagus yang dapat teman-teman gunakan untuk mengunduh situs web apa pun untuk dibaca atau diakses secara offline.

Archivarix.com

Archivarix adalah wayback machine online downloader atau pengunduh online mesin wayback untuk membuat ulang situs web dari Wayback Machine web.archive.org

WebCopy

WebCopy mengambil URL situs web dan memindai tautan, halaman, dan media. Ketika menemukan halaman, secara rekursif mencari lebih banyak tautan, halaman, dan media sampai seluruh situs web ditemukan. Kemudian teman-teman dapat menggunakan opsi konfigurasi untuk memutuskan bagian mana yang akan diunduh secara offline.

Hal yang menarik tentang WebCopy adalah teman-teman dapat mengatur beberapa “proyek” dimana masing-masing memiliki pengaturan dan konfigurasi sendiri. Ini memudahkan teman-teman untuk mengunduh ulang banyak situs berbeda kapan pun, dengan cara yang sama persis setiap saat.

HTTrack

HTTrack adalah program atau alat yang sangat populer untuk mengunduh situs web. Meskipun antarmuka tidak terlalu modern, fungsinya sangat baik. Ini sangat mudah untuk digunakan dan banyak opsi pengaturan yang dapat menentukan di mana situs web harus disimpan dan beberapa spesifik seperti file apa yang harus dihindari dalam unduhan.

Misalnya, mengecualikan seluruh tautan dari situs tertentu jika teman-teman tidak ingin bagian dari situs tersebut.

SiteSucker

Jika teman-teman pengguna sistem operasi Mac, opsi terbaik menurut saya adalah SiteSucker. Alat sederhana ini dapat mengunduh seluruh situs web dan mempertahankan struktur keseluruhan web tersebut, dan mencakup semua file media yang relevan juga (misalnya: gambar, PDF, style sheet (CSS)).

Program ini memiliki antarmuka yang bersih dan mudah untuk digunakan. Teman-teman cukup mengetikan URL situs web yang akan diunduh dan menekan Enter.

Salah satu fitur yang bagus dari program ini adalah kemampuannya untuk menyimpan unduhan file, kemudian menggunakan file itu untuk mengunduh file dan struktur yang sama lagi di masa mendatang (atau di komputer lain). Fitur ini juga memungkinkan SiteSucker untuk menjeda dan melanjutkan unduhan.

Ohh iya untuk SiteSucker berharga $5 dan tidak ada versi gratis dan uji coba gratis.

Note:
Saya tidak menyarankan teman-teman untuk mengunduh situs besar karena itu akan membutuhkan ribuan MB bahkan ratusan GB untuk menyimpan semua file media tersebut.

Situs yang baik untuk diunduh adalah situs web yang memiliki banyak teks dan tidak banyak gambar. Atau situs tersebut penting bagi teman-teman. Misalnya: jika teman-teman sedang belajar pemrograman, belajar desain, dll.

5/5 (2 Reviews)
"Lalu Zulfakar Hidayat : Hi, Perkenalkan nama ku Lalu Zulfakar. Seorang Back-End Developer, Desainer Grafis, Blogger dan Hacking & Cyber Security Enthusiast.."

View Comments (2)